Jumat

Film Bertemakan Time Travel Terkeren


 

Definisi time travel

Time Travel, atau perjalanan menembus waktu, adalah sesuatu yang dianggap sains fiksi pada zaman ini. Banyak sekali film yang mengupas topik mesin waktu, contohnya Back to the future, Terminator, Timeline, Time Machine, Frequency, Heroes, Lost, The 4400, dll. Yang aneh, konsep waktu di beberapa film ini berbeda-beda loh.

Yang dimaksud dengan time travel adalah begini : kita (materi) atau informasi dikirim dengan suatu alat yang dinamakan dengan mesin waktu sehingga kita melompat ke masa depan, atau kembali ke masa lalu. Jadi hidup kita yang cenderung maju menuju masa depan bukanlah dikatakan time travel.

Misalkan kamu berangkat dari jakarta dengan pesawat supersonik MACH2 pukul 5 sore dan kamu sampai di Irian jaya beberapa menit kemudian dan waktu disana sudah menunjukkan pukul 7.13 malam. Ini bukan time travel, hanya perbedaan waktu di dua tempat yang bujurnya berbeda. Kalau kamu sampai di Irian jaya dan tiba-tiba waktu sudah berlalu 5 tahun, nah, itu baru time travel.

Tapi apakah time travel itu mungkin terjadi menurut ilmu fisika? Fisika newton mengatakan tidak, karena waktu bagi Isaac Newton adalah bagaikan anak panah yang ditembakkan. Ia melaju searah dan tetap. Jam berdetak sama cepatnya dimanapun di jagat raya ini. Lalu datang pak Albert Einstein yang membuktikan kalau rupanya Newton itu salah besar. Einstein bilang, waktu itu bagaikan aliran air di sungai. Ia bisa dipercepat, diperlambat, dan kadang ia bermuara di suatu tempat, kadang sungainya malah bercabang dua. Fisika Einstein yang terkesan gila ini ternyata memungkinkan terjadinya time travel.

Alasan mengapa time travel tidak mungkin terjadi

Stephen Hawking

Tapi banyak ilmuwan besar yang menganggap time travel itu tidak mungkin/tidak boleh terjadi. Stephen Hawking, misalnya. Beliau adalah genius yang tidak percaya pada time travel. Ia terus berusaha membuktikan kalau time travel itu tidak mungkin dilakukan. Anehnya, sampai saat ini, tidak ada satupun hukum di fisika yang melarang terjadinya time travel. Time travel mungkin terjadi!
Lalu Stephen Hawking mengeluarkan satu pertanyaan yang sangat terkenal, yang bertujuan untuk membungkam orang yang terobsesi dengan membuat mesin waktu. Dia bilang begini :
"Kalau mesin waktu itu ada, dan time travel itu bisa diciptakan, mengapa kita belum menjumpai turis yang datang dari masa depan? Seharusnya turis2 sekarang sudah membanjiri zaman ini, datang dari masa depan untuk mengambil foto dsb. Mengapa belum ada seorang pun?"
Lalu ada juga beberapa paradoks yang membuat time travel terkesan mustahil :

1. Grandfather Paradox

Ini paradoks yang paling terkenal. Begini maksudnya : Misalkan kamu kembali ke masa lalu dan membunuh kakekmu, maka ayah mu tidak pernah dilahirkan dan akibatnya kamu tidak pernah ada. Kalau kamu tidak pernah ada, bagaimana kamu bisa kembali ke masa lalu dan melakukan pembunuhan itu?

2. Information paradox

Misalnya kamu kembali menemui dirimu sendiri dimasa lalu dan memberikan rahasia membuat mesin waktu kepada dirimu yang lebih muda. Dirimu yang lebih muda itu kemudian menggunakan rahasia itu untuk membangun mesin waktu dan kemudian menggunakan mesin waktu itu untuk kembali mengunjungi dirimu dan memberikan rahasia mesin waktu itu. Ini paradoks karena dari mana informasi asli (rahasia mesin waktu itu) berasal?
Contoh information paradox dapat kita lihat di film Harry Potter and the Prisoner of Azkaban, ketika Harry Potter kembali ke masa lalu dan berhasil membuat mantra patronus padahal dia sebelumnya tidak mampu. Ketika ditanya kenapa dia bisa membuatnya, dia bilang, aku bisa kali ini karena aku sudah membuatnya. Masuk akal gak? Haha..

3. Bilker's Paradox

Misalnya, kamu menggunakan mesin waktu utk kemasa depan, & di masa depan kamu melihat dirimu menikah dengan seorang cewek yg namanya Jane. Lalu kamu kembali ke masa sekarang dan malah menikahi cewek lain yang namanya Cindy, maka masa depanmu sudah berubah & pertanyaanya, kok dimasa depan yg pertama saya bisa nikah sama Jane?

4. Sexual Paradox

Paradox ini lebih membingungkan lagi. Kamu kembali ke masa lalu; bertemu dengan ibumu ketika dia masih remaja. Kalian jatuh cinta; akhirnya menikah dan punya anak. Anak itukah dirimu? Mungkinkah kamu meng-ayah-i dirimu sendiri? Ini dapat dilihat di film Back To The Future, dimana Marty kembali ke masa lalu & bertemu ibunya yg kemudian jatuh cinta pada dirinya.

Contoh Sexual paradox yg lebih aneh adalah seperti ini :

Sebuah novel Janus Equation karya G Spruill, seorang ilmuwan bertemu seorang gadis yg sangat cantik & mereka jatuh cinta, lalu menikah. Setelah beberapa lama, ternyata ilmuwan itu mengetahui kalau gadis itu pernah operasi plastik & operasi kelamin & dia sesungguhnya adalah laki-laki. Bahkan ternyata gadis itu adalah sang ilmuwan sendiri yg datang dari masa depan. Ini artinya dia berhubungan seks dengan dirinya sendiri. Kita jadi bertanya-tanya, bagaimana kalau mereka punya anak, dan misalkan anak ini kembali ke masa lalu dan menjadi ilmuwan dan memulai semuanya lagi, mungkinkah kamu jadi ayah, ibu, dan anak sekalian?

Jadi, bisa kamu lihat kalo time travel membuka banyak ketidakmungkinan, paradoks. Kamu bisa mengubah sejarah hanya karena melakukan sesuatu yang simple (butterfly effect). Misalkan kamu kembali ke masa dinosaurus dan tidak sengaja menginjak serangga yang kelak akan menjadi nenek moyang manusia. Maka kamu akan punah dan tidak pernah dilahirkan. Bahkan, menurut kuantum mekanik, gerak sebuah elektron saja bisa merubah semuanya di dunia ini. Begitu seriusnya implikasi time travel, maka banyak orang yang bilang time travel mustahil.


Tapi disini gak mau mbahas Time Travel lebih dalam gan , ane mau share aja film film bertemakan time travel yang menurut ane keren

Langsung aja ke topic pembahasannya gan :ngakak

1.Back To The Future 1,2,3


Film Yang Dibuat tahun 85 (BTF 1) ini menurut ane film time travel terbaik di masanya gan,,menceritakan dimana MCFly berteman dengan Dokter Emmet Yang pencetus ditemukan nya mobil time travel yang nantinya akan dibuat untuk menjelajah waktu mas gan

bisa dibilang ini film cikal bakal film time travel yg lain.byk kaskuser yg setuju bhwa film ini pilem paling epic dari yg pernah ada


2.The Terminator (1984) 


Diceritakan dithaun 2029, terjadi kerusakan dibumi akibat ulah robot-robot. Ketika itu para robot menguasai bumi, mereka sudah seperti manusia. Mereka mampu menciptakan robot-robot yang lain. Namun para robot mendapat perlawanan dari seorang manusia bernama John Connor (Anak dari Sarah Connor) beserta para pasukannya (Kyle Reese, dll). Para robot jahat ditahun 2029 itu kemudian menciptakan robot bernama The terminator yang dikirim ketahun 1984 untuk membunuh Sarrah Connor (Ibu dari John Connor) agar John Connor tidak lahir.

Disisi lain John Connor juga mengirim seorang prajurit terbaiknya bernama Kyle reese ketahun 1984 untuk melindungi ibunya.

3.The Butterfly Effect (2004)


Seniman.SKom, sejak kecil kadang-kadang terserang penyakit hilang ingatan. Dia kadang-kadang tidak ingat apa yang terjadi. Ibunya yang khawatir, karena Evan menunjukkan perilaku yang tidak normal di sekolah, membawanya ke psikiater. Ia khawatir Evan 'mewarisi' kegilaan ayahnya (yang dirawat di rumah sakit jiwa). Ternyata tidak ditemukan hal yang aneh pada fisik Evan. Oleh psikiaternya, Evan disuruh menulis buku harian supaya dia tidak melupakan hal-hal yang terjadi. Maka sejak itu Evan mulai menulis buku hariannya. Enam tahun berlalu, Evan yang menginjak remaja bersahabat karib dengan Tommy, Kayleigh (adik Tommy) dan Lenny. Suatu hari mereka bermaksud membuat 'ledakan' yang ternyata berakibat fatal bagi persahabatan mereka

4. Donnie Darko (2001)



Dikisahkan si donni darko ini punya penyakit apa lupa namanya yang membuat dirinya bisa tidur sambil berjalan dan tiba tiba bangun ditempat yang tidak dia ketahui,,untuk film ini entah ending atau persepsi nya setiap orang berbeda berbeda gan,,jadi silakan nonton sendiri dijamin endingnya keren

5.Looper (2012)


Looper adalah sebuah film laga fiksi ilmiah Amerika Serikat tahun 2012. Film yang ditulis dan disutradarai oleh Rian Johnson ini pemainnya antara lain adalah Bruce Willis, Joseph Gordon-Levitt, dan Emily Blunt. Dalam Looper, perjalanan waktu diciptakan pada tahun 2074 dan meskipun akhirnya dilarang, digunakan oleh organisasi kriminal untuk mengirim orang-orang yang mereka inginkan untuk dibunuh di masa lalu yaitu saat mereka dibunuh oleh "Looper", pembunuh yang dibayar dengan bar perak diikatkan kepada target mereka. Joe Simmons, seorang looper, menemukan dirinya lebih tua untuk dikirim kembali pada saat dia dibunuh.

6.Source Code (2011)


Source Code yang dibintangi Jake Gylenhall(tulisannya bener gak) ini menceritakan seorang yang diberi misi untuk menemukan BOM di sebuah kereta api demi menyelamatkan banyak nyawa,,ketika bom nya meledak,si jake akan terus kembali ke awal sebelum bom meledak sampai bom itu ditemukan,,akting jake disini keren gan

7.Prince Of Persia : The Sands Of Time (2006) 


Di film ini jake bertemu dengan Gemma Arterton gan
Arloji pasir yang dimiliki Dastan dapat mengembalikan waktu yang dastan ingin agar merubah sesuai kehendak dastan sendiri,,



8. Hot Tube Time Machine (2010)



Film yang baru sempet ane tonton beberapa minggu terakhir gan,,,film Time Travel satu ini kocak bener gan suwer , beda ama film time travel yang lain,yang cenderung serius ,, recomended gan buat yang suka komedi + time travel(sci fi)

9.Predestination (2014)


Jika agan ingin tahu bagaimana arti dari predestination(takdir) itu berjalan silahkan tonton film ini,,film ini menceritakan bahwa Takdir bagaimanapun tidak bisa dirubah,,akting Ethan Hawk(bener gak tulisannya ) keren disini

10.Click (2006)


Gak usah ane ceritain kayaknya film ini kadang sering nongol di Tipi,,Remote yang dimiliki Adam Sandler ini bisa membantunya mengatur apapun yang dia inginkan dengan hanya memencet remote layaknya remote DVD dia bisa ngeforward,backward dan sebagainya

11.Project Almanac (2014)


Film ini akan mengisahkan tentang sekelompok remaja yang menemukan rahasia dalam melintasi ruang dan waktu. Mereka lalu merancang dan berhasil membuat sebuah mesin waktu. Namun ketika selesai, mereka pergi dan kembali tanpa sadar hal-hal mulai terjadi di luar kendali mereka.

12.Primer (2004)


terus terang gan ini salah 1 pilem yang bikin ane puyeng,gimana gak bahasa yang digunakan di pilem ini tergolong dewa dalam artian bahasa yang digunakan bahasa orang yang mudeng soal elektronik atau apalah ane lupa,yang jelas silakan nonton sendiri kalo emang ente ngaku pinter

13.Triangle (2009)


ane bingung triangle sebenernya masuk time travel atau dejavu,,berhubung kembali ke masa lalu ya ane masukin aja

14.1408 (2007)


Film ini 11 : 12 sama Triangle,,jadi nonton sendiri ye

15.Stand By Me Doraemon (2014)


gak usah ane kasih sinopsis pada ngerti kayaknya

16.The Jacket (2005)


THE JACKET

Salah satu hal yang membatasi manusia adalah waktu dengan batasan masa lalu, masa sekarang, dan masa depan. Manusia hanya bisa melewati dua masa pertama, sementara masa depan tak ada yang sanggup mengetahui, jauh-jauh mengalaminya. Namun, tidak bagi John Starks, diperankan Adrien Brody (peraih aktor terbaik Oscar 2004 lewat "the Pianist") dalam film terbarunya "The Jacket". Lewat perjalanan di masa depanlah, Starks dapat mengubah nasib hidupnya.

Latar belakang Perang Irak tahun 1991 mengawali pembukaan film karya sutradara John Maybury. Perang ini telah membawa petaka bagi seorang prajurit Amerika berpangkat Sersan Marinir Jack Stark (Adrien Brody). Nyawanya hampir saja melayang setelah kepalanya tertembus peluru. Beruntung masih bisa diselamatkan sekalipun Starks harus menjalani hidup kehilangan ingatan atau amnesia.

17.Interstellar (2014)


Berkisah 60 tahun dari sekarang, Film ini mengisahkan tentang usaha manusia mencari planet yang mungkin dijadikan tempat tinggal baru bagi manusia. Bumi disaat itu sudah mulai tidak cocok di huni manusia dan satu satunya tanaman pangan yang ada adalah jagung, tanaman pangan yang lain sudah tidak bisa tumbuh karena perubahan iklim, kondisi tanah dan udara yang sudah tidak sehat bahkan buat manusia sekalipun. Permasalahan yang ada, jagung tidak lama lagi juga tidak bisa bertahan dan akan mati karena kondisi tanah dan atmosfer yang terus berubah, harapan terakhir? Cari planet lain yang bisa ditinggali manusia.

Prof Brand beserta putrinya ( Amelia brand) adalah peneliti di NASA yang sekarang bekerja secara tertutup .Di waktu itu, Hal paling penting adalah makanan, gadet, smarphone dan sejenisnya sudah bukan menjadi hal penting, teknologi hanya digunakan seperlunya saja . Anak anak pun dididik agar menjadi petani mengingat kelangkaan pangan yang terus menerus terjadi.

Permasalahannya apakah NASA berhasil mengirim Cooper dan timnya sukses mencari planet yang bisa di jadikan tempat tinggal baru bagi manusia? Berapa lama dia bisa kembali ke bumi, seandainya berhasil pun, apakah mungkin membawa manusia bisa (orang biasa ) ke planet tersebut?

18. About Time (2013)


Tim Lake (Domhnall Gleeson) pemuda berusia 21 tahun menyadari dirinya dapat melakukan perjalanan menembus batas waktu.
Setelah malam tahun baru yang tidak memuaskan, ayah Tim (Bill Nighy) memberitahu sesuatu padanya bahwa laki-laki dalam keluarganya memiliki kemampuan untuk melakukan perjalanan menembus batas waktu.

Tim memang tidak bisa merubah sejarah, tapi dia bisa mengubah apa yang telah terjadi dalam hidupnya sehingga ia memutuskan untuk membuat dunianya menjadi lebih baik. Sayangnya, hal ini tidak semudah yang dibayangkan.

Berpindah dari kota Cornwall ke London untuk berlatih sebagai pengacara, Tim akhirnya bertemu dengan seorang perempuan cantik, yaitu Mary (Rachel McAdams)

19.The Time Machine (2002)



Hidup ini tidak selamanya indah, semua orang tahu itu. Kadang kita mendapatkan kebahagiaan, tetapi di waktu lain pasti kita pernah menghadapi masa-masa sulit. Sesekali kita membuat kesalahan, mengacaukan beberapa hal, tetapi terkadang kita juga bisa meraih suatu pencapaian. Terkadang jika mengingat hal-hal yang tidak kita sukai dan kesalahan-kesalahan yang telah diperbuat, kita merindukan masa lalu, menyesalinya, atau bahkan jika bisa, kita akan memperbaiki semua hal yang tidak kita suka saat itu. Pertanyaannya, bila kita memang bisa memutar kembali waktu dapatkah kita merubah nasib, kehidupan, dan persitiwa yang telah ditakdirkan? Jawabannya, belum tentu. Seperti itulah pelajaran yang dapat diambil dari The Time Machine (2002

20. Cyborg Girl (2008)


Gan pokoknya film ini rekomended banget ,, drama + time travel nya dapet,ceritanya ini robot wanita yang dateng dari masa depan

Source Kaskus
jangan lupa di share gan

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Film Bertemakan Time Travel Terkeren

1 komentar:

  1. Dengan telah lamanya gabung di ACY ini, ane dimana yang pasti dapat merasakan kenyamanan, keamanan dalam menjalankan trading forexnya, dengan cepat masalah eksekusi, layanan yang ramah, terpercaya dana trading, bonus yang menarik juga, dan yang pasti ACY ini semoga aja deh dapat di pertahankan dan di kembangkan agar ane dimana dapat lebih lama lagi untuk merasakan aman, nyaman jalankan trading nya bersama ACY ini

    BalasHapus